Mengenal Fungsi Ginjal Dalam Proses Sistem Pencernaan Manusia

Mengenal fungsi ginjal dalam proses sistem pencernaan manusia,- Ginjal merupakan organ eksresi yang utama, berjumlah sepasang dan terdapat dalam rongga perut di dekat tulang-tulang pinggang. Berbentuk seperti kacang ercis dengan panjangnya lebih kurang 10cm. Fungsi ginjal yang utama yaitu menyaring darah sehingga menghasilkan urine. Didalam urine terdapat zat sisa atau zat berlebih yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh, misalnya:
  1. Protein-protein asing yang masuk ke dalam tubuh
  2. Zat-zat hasil katabolisme seperti urea, asam urat
  3. Bermacam-macam garam.
  4. Gula darah yang melebihi batas normal
Fungsi Ginjal dalam proses sistem pencernaan manusia

Selain itu, ginjal juga berfungsi sebagai:
  • Filtrasi (penyaringan di dalam ginjal)
Filtrasi terjadi pada kapiler glomerulus yang di dalamnya terdapat sel-sel endotelium kapiler yang berpori. Selain terjadi penyaringan, pada glomerulus juga terjadi pengikatan kembali sel-sel darah, keping darah, dan sebagian besar protein plasma. Hasil filtrasi tersebut adalah berupa filtrat glomerulus (urin primer) yang masih mengandung zat-zat yang berguna yaitu asam amino, glukosa, natrium dan kalium.
  • Reabsorbsi (Penyerapan kembali urin)
Sekitar 99% volume dari filtrat glomerulus akan diserap kembali, sedang sisa volume akan dikeluarkan dari dalam tubuh sebagai urin. Penyerapan kembali tersebut terjadi pada tubulus kontortus proksimal. Sedang kelebihan garam dan sisa-sisa metabolisme yang lain dikeluarkan bersama urin. Reabsorbsi gula dan asam amino berlangsung secara difusi sedangkan reabsorbsi air terjadi secara osmosis.
Setelah terjadi reabsorbsi, tubulus menghasilkan urin sekunder. Dalam urin sekunder tidak lagi terdapat zat-zat yang berguna, sebaliknya kadar zat-zat yang bersifat racun jauh lebih pekat dibanding pada urin primer.
  • Augmentasi Pada Ginjal Manusia
Augmentasi adalah proses penambahan urea dan zat-zat sisa sehingga akhirnya diperoleh urin dengan komposisi 90% air, 2.5% urea, 1.5% garam dan pigmen empedu yang memberi warna dan bau pada urin. Proses augmentasi terjadi pada tubulus kontortus distal.
Banyak sedikitnya urin yang dihasilkan dalam proses ekskresi dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut diantaranya:
  • Hormon Anti Diuretik (ADH)
adalah faktor utama yang mempengaruhi produksi air kencing atau urin yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis. Jika kelenjar hiposis tidak berfungsi sehingga tidak menghasilkan ADH, maka urin akan menjadi sangat encer. Kondisi demikian dinamakan penyakit diabetes insipidus.
  • Jumlah air yang diminum
Semakin banyak volume air yang diminum, maka urin yang dihasilkan juga semakin banyak. Disarankan setiap hari minum air putih minimal 6 gelas. Konsumsi air putih bisa membersihkan racun-racun tubuh yang masuk ke dalam ginjal dan memberi manfaat menjaga kelembaban pada kulit.
  • Saraf Ginjal
Rangsangan pada saraf ginjal akan mengakibatkan penyempitan duktus eferen sehingga aliran darah ke glomerulus berkurang dan mengakibatkan proses filtrasi kurang efektif. Kondisi demikian mengakibatkan volume urin yang dihasilkan jumlahnya sedikit. Begitu juga sebaliknya.
  • Jumlah hormon insulin
Jika hormon insulin jumlahnya sedikit, misalnya pada penderita diabetes melitus, maka kadar gula dalam darah akan dikeluarkan lewat tubuhlus distal. Hal ini akan mengganggu proses penyerapan kembali air sehingga orang tersebut akan lebih banyak mengeluarkan urin.
Proses produksi urin akan terganggu bila seseorang menderita salah satu penyakit akibat kelainan fungsi ginjal. Penyakit kelainan fungsi ginjal yang sering terjadi pada manusia antara lain: Nefritis, diabetes melitus (kencing manis), diabetes insipidus, albuminuria dan batu ginjal.

Terimakasih telah berkunjung dan menyimak wawasan kami mengenai Mengenal fungsi ginjal dalam proses sistem pencernaan manusia. Semoga artikel yang obat sakit ginjal berikan memberikan manfaat dan pengetahuan untuk anda.







| Mengenal fungsi ginjal dalam proses sistem pencernaan manusia

Related Posts:

0 Response to "Mengenal Fungsi Ginjal Dalam Proses Sistem Pencernaan Manusia"

Posting Komentar

BILA BARANG TERBUKTI PALSU, RUSAK ATAU TIDAK SAMPAI DITANGAN ANDA. GARANSI UANG KEMBALI. ANDA BERMINAT? PESAN Disini !!!