Batas Normal Kreatinin Pada Ginjal Manusia

Batas normal kreatinin pada ginjal,- Ureum merupakan hasil akhir metabolisme protein yang berasal dari asam amino yang telah dipindah aminonya di dalam hati dan mencapai ke ginjal dan diekresikan rata-rata 30 gram sehar. Kadar ureum darah yang normal adalah 20mg - 40 mg setiap 100ccm darah, tetapi hal ini tergangung dari jumlah normal protein yang di makan dan fungsi hati dalam pembentukan ureum itu sendiri.
Kreatinin merupakan produk penguraian keratin. Kreatinin disintesis di hati dan terdapat dalam hampir semua otot rangka yang berikatan dengan kreatin fosfat (creatin phosphate, CP), suatu senyawa penyimpan energi. Dalam sintesis ATP (adenosine triphosphate) dari ADP (adenosine diphosphate), kreatin fosfat diubah menjadi kreatin dengan katalisasi enzim kreatin kinase (creatin kinase, CK). Seiring dengan pemakaian energi, sejumlah kecil diubah secara ireversibel menjadi kreatinin yang selanjutnya difiltrasi oleh glomerulus dan dieksresikan dalam urin.
http://obatisakitginjal.blogspot.com/
Jumlah kreatinin yang dikeluarkan seseorang setiap hari lebih bergantung pada massa otot total daripada aktivitas otot atau tingkat metabolisme protein, walaupun keduanya juga menimbulkan efek. Pembentukan kreatinin harian umumnya tetap, kecuali jika terjadi cedera fisik yang berat atau penyakit degeneratif yang menyebabkan kerusakan masif pada otot.
Kreatinin juga merupakan produk sisa dari perombakan kreatin fosfat yang terjadi di otot. Kreatinin ini termasuk zat racun dalam darah, terdapat pada seseorang yang ginjalnya sudah tidak berfungsi dengan normal.
  1. Kadar kreatinin pada pria max 1.6 jika sudah melebihi 1.7 harus hati-hati, karena bisa saja dilakukan cuci darah. Kreatinin adalah hasil katabolisme kreatin. Koefisien kreatinin adalah jumlah mg kreatinin yang diekskresikan dalam 24 jam/kg BB. Nilai normal pada laki-laki sekitar 20-26 mg/kg BB.
  2. Kadar kreatinin pada wanita sekitar 14 - 22 mg/kg BB. Ekskresi kreatinin meningkat pada penyakit otot. Kreatinin merupakan produk sampingan dari hasil pemecahan fosfokreatin (kreatin) di otot yang dibuang melalui ginjal. Pada pria normalnya 0.6 - 1.2 mg/dl. Diatas rentang itu salah satunya mengindikasikan adanya gangguan fungsi ginjal. Tetapi pada angka 1.3 mg/dl masih tergolong normal, tetap harus waspada.
  • Batas normal ureum adalah 20 - 40 mg/dl
  • Batas normal kreatinin adalah 0.5 - 1.5 mg/dl

Maka dari itu, penting untuk kita mengetahui batas normal kreatinin pada ginjal. Karena bertujuan untuk mengindikasi adanya gangguan pada fungsi ginjal.




| Batas normal kreatinin pada ginjal manusia




[sumber: http://labkesehatan.blogspot.com]
Artikel lainnya

Related Posts:

0 Response to "Batas Normal Kreatinin Pada Ginjal Manusia"

Poskan Komentar

BILA BARANG TERBUKTI PALSU, RUSAK ATAU TIDAK SAMPAI DITANGAN ANDA. GARANSI UANG KEMBALI. ANDA BERMINAT? PESAN Disini !!!