Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal berfungsi untuk menyaring darah dari kotoran dan air berlebih dan kemudian menjadikannya air seni (urine). Ginjal juga berfungsi untuk membantu mengontrol tekanan darah dan memproduksi hormon yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Ketika ginjal mengalami gangguan atau rusak, kotoran dan zat-zat tidak berguna lainnya akan menumpuk di dalam tubuh dan menghasilkan banyak gangguan kesehatan.
Tubuh manusia memiliki dua ginjal berbentuk seperti kacang dan ukurannya kira-kira sebesar kepalan tangan. Untuk membersihkan darah dari kotoran, ginjal melepaskan tiga hormon penting:
  1. erythropoietin (EPO), yang menstimulasi sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah.
  2. Renin yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah
  3. Calcitriol yaitu bantuk aktif dari vitamin D yang membantu menyokong kalsium untuk tulang dan menjaga keseimbangan kimia dalam tubuh.

http://obatisakitginjal.blogspot.com/

Adapun Tips untuk menjaga kesehatan ginjal diantaranya yaitu:
  • Mengatur pola makan
 Pilihlah makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang ditanam dengan tanpa pupuk kimia (organik) serta jauhilah makanan olahan, kurangi konsumsi garam berlebih serta konsumsilah ikan atau daging putih tanpa lemak
  • Aktif bergerak
Anda dituntut harus aktif bergerak dan jangan bermalas-malasan, karena kesehatan anda bisa terjaga hanya dengan terbiasa menggerakkan badan atau beraktivitas fisik.
  • Jaga berat badan
Selain mempengaruhi keadaan emosional anda, berat badan yang berlebih apalagi obesitas sangat tidak baik untuk kesehatan karena organ tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukan lemak tersebut, termasuk ginjal yang lama kelamaan akan membuatnya menjadi lemah kinerjanya.
  • Jauhi alkohol dan hindari rokok
Tembakau yang anda hisap sehari-hari akan merusak paru-paru dan juga ginjal. Selain itu, rokok dan juga alkohol juga menjadi penyebab utama tubuh anda terserang berbagai penyakit mengerikan salah satunya ginjal.
  • Kontrol tekanan darah
Penyakit ginjal dipicu dari tekanan darah yang tinggi. Selama lima tahun terakhir diperoleh data dari IRR yang membeberkan bahwasanya sebanyak 35% penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi
  • Minumlah air putih
Minum air putih 6-8 gelas sehari. Ini sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal anda.
  • Hindari Stress
Stress yang menyerang anda membuat tekanan darah menjadi naik dan seperti yang sebelum dijelaskan, jika tekanan darah tinggi maka risiko anda terserang penyakit ginjal pun menjadi lebih besar.
  • Rajin berolahraga
Rajin berolahraga merupakan tips paling mudah untuk menjga kesehatan ginjal anda. Dalam hal ini bisa dilakukan seperti jalan kaki atau berlari setiap pagi.
  • Menghindari beberapa obat antibiotic dan anti nyeri
Usahakan untuk tidak mengkonsumsi atau bahkan menghindari beberapa obat antibiotic dan anti nyeri. Ini dikarenakan dapat merusak ginjal anda atau konsultasikan tentang penggunaan obat tersebut kepada dokter spesialis terlebih dahulu.

Penting untuk kita mengetahui tips menjaga kesehatan ginjal. Karena kesehatan menjadi harta yang tak ternilai harganya. Seperti peribasa yang mengatakan "Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat". Untuk itu, mulailah dari sekarang terapkan pola hidup sehat.





[sumber: doktersehat.com & webkesehatan.com]

Related Posts:

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Ginjal"

Posting Komentar

BILA BARANG TERBUKTI PALSU, RUSAK ATAU TIDAK SAMPAI DITANGAN ANDA. GARANSI UANG KEMBALI. ANDA BERMINAT? PESAN Disini !!!